Ini Dia 7 Manfaat Ampas Kopi Yang Menakjubkan

Ini Dia 7 Manfaat Ampas Kopi Yang Menakjubkan

 Setiap keluarga dimanapun pasti menghasilkan banyak sampah rumah tangga. Berbagai macam sampah rumah tangga dihasilkan setiap hari, baik sampah organik maupun sampah anorganik. Sudah saatnya kita turut berkontribusi untuk mengurangi hasil sampah rumah tangga, dengan cara menggunakan kembali maupun meminimalisir penggunaannya. Bagi rumah tangga pecinta kopi, tentu banyak menghasilkan ampas kopi. Setelah diseduh dan diminum, biasanya ampas kopi langsung dibuang. Jangan dibuang, ampas kopi mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. 

Beberapa manfaat ampas kopi yang menakjubkan diantaranya adalah: 
1. Ampas Kopi Bermanfaat untuk Menghaluskan Tangan
 Resah dan minder karena tangan kasar? Jangan khawatir, manfaatkan ampas kopi untuk menghaluskan tangan. Ampas kopi yang dibutuhkan adalah ampas kopi yang masih hangat. Gosok-gosokkan ampas kopi pada tangan kita secara menyeluruh dan merata. Kemudian bilaslah dengan air hangat. Apabila dilakukan secara rutin, tangan akan menjadi halus dan lembut. 

 2. Sebagai Bahan Body Scrub
 Manfaat lain dari sampah ampas kopi sangat banyak. Salah satunya ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan scrub atau lulur yang menghilangkan kotoran dan membuat sel kulit mati mengelupas. Sifat ampas kopi yang kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator, dapat menghaluskan dan memutihkan kulit. Ampas kopi menjadi salah satu pilihan di salon-salon kecantikan yang melayani spa dan lulur. 

 3. Membantu Mengatasi Stretch Mark (guratan peregangan) 
Stretch Mark adalah guratan yang disebabkan karena kulit yang meregang berlebihan dan menjadi salah satu masalah bagi banyak wanita. Nah, dengan menggunakan ampas kopi, masalah stretch mark akan teratasi. Cara menggunakannya : Siapkan ampas kopi hitam secukupnya sesuai kebutuhan. Gosokkan secara perlahan ampas kopi pada kulit tubuh yang terdapat strecht mark. Tambahkan body lotion apabila terlalu kasar. Lakukan pemijatan secara perlahan sekitar 5 menit. Kemudian, bagian yang dibalur bungkus dengan plastik khusus (untuk pembungkus makanan atau food wrap). Biarkan selama 15 menit sampai mengering. Setelah itu, bersihkan sisa ampas kopi yang melekat dan bilas dengan air hangat serta keringkan dengan handuk yang lembut. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

 4. Mencegah Penuaan Dini 
Manfaat lain dari ampas kopi untuk kecantikan adalah dapat digunakan untuk masker wajah. Ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya, dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 15-20 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih. Kandungan bubuk kopi dengan kafein dan antioksidan, menjadi solusi untuk mencegah penuaan dan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Murah dan mudah bukan? 

 5. Bermanfaat sebagai Pupuk Tanaman
 Ampas kopi ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan tubuh saja. Ampas kopi dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanaman pot. Taburkan ampas kopi secara merata di atas permukaan tanah pada pot. Ampas kopi akan menambah nutrisi bagi tanah dan membantu pertumbuhan tanaman. Akan tetapi, ampas kopi tidak cocok untuk pupuk bagi tanaman anggrek dan kaktus.

 6. Mencegah Hama pada Tanaman
 Sebaran ampas kopi di atas permukaan tanah akan mencegah datangnya bekicot, siput dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Dengan aroma kopi tersebut, kupu-kupu tidak tertarik untuk bertelur di atas daun-daun tanaman tersebut, sehingga tanaman terbebas dari hama ulat. 

 7. Obat Luka pada Hewan 
Bagi yang suka memelihara hewan peliharaan, ampas kopi menjadi pertolongan pertama apabila hewannya terluka. Caranya dengan menaburkan bubuk atau ampas kopi pada luka tersebut. Ampas kopi akan berfungsi mempercepat pengeringan luka luar pada hewan dan tidak berbahaya apabila dijilat .

 Nah, ternyata ampas kopi sangat bermanfaat ya. Jadi, jangan dibuang ampasnya setelah menyeduh kopi.Masih banyak manfaat lain dari ampas kopi yang bisa kamu coba lo. Yang jelas, kita sudah berkontribusi meminimalisir sampah rumah tangga menjadi memiliki manfaat tambahan dan tentu saja menghemat pengeluaran. Asyik kan? Semangat ya memanfaatkan sampah di sekitar kita!

 Sumber : Ulfah Nurhidayah, 2010, Kumpulan Tips Mudah dan Praktis untuk Aktivitas Ibu Rumah Tangga

0 Komentar