Palem Putri, Tanaman Hias yang Elegan

 

Selama pandemi tanaman hias menjadi tren yang menyebar di seluruh negeri. Kegiatan menanam menjadi salah satu solusi dari keharusan untuk berada di rumah.

 

 Menanam tanaman hias akan memperindah halaman rumah dan menambah penghasilan. Selain itu kegiatan menanam tanaman hias juga menjadi cara untuk menaikkan imun tubuh, dikarenakan menanam tanaman hias membuat happy dan semangat selalu.

 

Salah satu tanaman yang banyak terdapat di Indonesia adalah pohon palem dari Keluarga Palmaceae. Bermacam-macam jenis palem tumbuh dengan suburnya. Palem memang mudah tumbuh di berbagai karakteristik tanah, baik yang gersang maupun yang tanahnya subur.

 

Palem juga banyak disukai menjadi tanaman hias yang cantik dan elegan. Terdapat sekitar 15 jenis pohon palem yang digunakan sebagai tanaman hias, di tanam di pot, di depan rumah, di halaman perkantoran, atau sebagai koridor jalan.

 

Salah satu pohon palem yang terdapat di depan rumah dan ditanam sebagai tanaman hias adalah pohon palem putri. Pohon ini ditanam Suami yang asalnya dari biji yang didapatnya sewaktu dinas di Bogor. Saat itu beliau sedang mengunjungi salah satu instansi dan mendapatkan bijinya yang merah berjatuhan di tanah.

 

Setelah bijinya yang berwarna merah disemaikan, ternyata bisa tumbuh subur dan di tanam di depan rumah kami di Rumbai, Pekanbaru.

 

Palem Putri atau Veitchia merillii adalah salah satu pohon palem yang mudah ditanam di halaman dan membutuhkan banyak sinar matahari. Penampakan pohon palem putri ini sekilas mirip dengan pohon palem raja, tetapi daunnya lebih lebar dan lebih hijau.

 

Pohon palem putri yang berasal dari Madagaskar ini sangat cantik di depan rumah kami, ada empat pohon yang tumbuh dengan subur dan telah menghasilkan buah yang bergerombol warna merah cerah. Setiap hari sambil membuka gorden kamar aku memandang palem putri dan selalu mengagumi kegagahannya. Kadang-kadang mengumpulkan bijinya untuk disemaikan.

 

Saat ini, Suami sudah bisa membibitkan pohon palem putri di belakang rumah, mengulang kisah delapan tahun lalu. Alhamdulillah, bibit-bibit pohon palem putrinya saat ini tumbuh dengan subur.

0 Komentar