Daycare, Sahabat Ayah Bunda

Nama Buku: Daycare, Sahabat Ayah Bunda

Nama Penulis: Nurul Esturina

Tahun Terbit : 2020

Jumlah Halaman: iv+90

Nomor ISBN: 978-623-96864-2-0

Profil Penulis:

Nurul Esturina R.S., adalah seorang ibu rumah tangga yang juga mencintai dunia anak-anak. Setelah resign dari sebuah Bank swasta nasional, bersama suaminya, lulusan dari Fakultas Ekonomi UGM tersebut mendirikan lembaga pendidikan di tahun 2010. Lembaga pendidikan TK Khalifah, Alifa Moslem Babypreneur Daycare,  Alifa Moslem Montessori, dan Madrasah Ibtidaiyah Alifa di Yogyakarta.

Menulis menjadi pilihannya untuk menyeimbangkan jiwa, Nurul berharap bisa memberi inspirasi dan manfaat melalui karya yang ditulisnya. Buku ini adalah buku solo pertamanya. Penulis bisa dihubungi di nuruesturina@gmail.com

 

Buku karya Nurul Esturina ini bercerita tentang liku-liku menjalankan bisnis jasa penitipan anak. Buku yang berjudul Daycare, Sahabat Ayah Bunda ini memberikan banyak manfaat kepada pembaca dengan kisah dan pengalamannya menjalani bisnis ini.

Daycare Alifa didirikan dengan visi dan misi mulia memberikan pengasuhan terbaik bagi anak-anak ketika mereka dititipkan di daycare. Daycare menjadi solusi bagi ayah bunda yang bekerja dan kesulitan mendapatkan pengasuh bagi anak-anak balita mereka.

Di buku ini juga disajikan kelebihan dan kekurangan dari daycare, serta usaha maksimal dari Daycare Alifa dalam mengasuh anak-anak yang dititipkan. Mengingat bahwa daycare masih dipandang sebelah mata, maka pengelola berusaha menjadikan Daycare Alifa sebagai mitra sejajar bagi orang tua.

Daycare, Sahabat Ayah Bunda memberikan gambaran yang jelas tentang seperti apa daycare yang bisa menjadi sahabat ayah bunda. Tidak hanya menitipkan anak untuk makan, minum, tidur siang, dan sebagainya. Daycare Alifa juga memberikan pelayanan yang prima agar anak-anak betah, orang tua bahagia, dan para pengasuh di daycare juga senang.

Pelayanan yang diberikan di Daycare Alifa termasuk diantaranya adalah tenaga pengasuh yang kompeten di bidangnya,  menguasai pengetahuan yang cukup tentang tumbuh kembang anak, gizi, kesehatan, dan pendidikan.

Nurul juga menjelaskan bagaimana anak-anak yang berusia di atas satu tahun didampingi oleh petugas yang menguasai pendidikan aak usia dini. Mereka bermain sambil mendapatkan pembelajaran yang dapat juga dilanjutkan oleh orang tua di rumah.

Anak-anak diberi jadwal yang teratur, mulai dari makan, minum susu, tidur siang, bermain, dan mandi sore. Selain itu pemeriksaan rutin sebulan sekali dari perawat, bidan, dokter anak, ahli gizi dan terapis.

Berbagai pengalaman bertemu dengan orang tua anak-anak yang diasuh memberikan banyak pelajaran penting. Daycare Alifa yang fokus menggunakan metode daycare muslim, dipercaya oleh salah stau orang tua yang berbeda agama untuk dititipkan anaknya.

Selain itu, kisah mengharukan, menyenangkan, dan juga menyedihkan Nurul ceritakan dalam buku Daycare, Sahabat Ayah Bunda ini. Seorang Bapak yang mengunjungi anaknya yang masih bayi, menangis terharu bisa menggendong anaknya tersebut. Ternyata kedua orang tua bayi tersebut sudah berpisah.

Kisah lucu juga diceritakan oleh Nurul, saat seorang nenek atau eyang yang tidak tega cucunya dititipkan di daycare. Berbagai penjelasan dan bujukan dari putrinya dan pendamping daycare tidak mampu menenangkan beliau yang membawa pulang cucunya. Setelah seminggu, akhirnya eyang datang bersama putri dan cucunya. Beliau akhirnya mengikhlaskan cucunya dititipkan di daycare.

Nurul menceritakan pengalamannya mendirikan usaha daycare ini dengan cara yang apik dan enak dibaca. Semua sudut menjadi perhatiannya, termasuk karyawan, pendamping, bahkan pak Satpam yang menjadi sahabat anak-anak.

Buku ini layak dibaca terutama untuk keluarga muda yang masih ragu-ragu menitipkan anaknya di daycare. Buku ini bisa menjadi panduan juga bagi wirausaha lainnya yang ingin membuka usaha daycare. Usaha daycare masih terbuka luas peluang dan manfaatnya bagi keluarga muda.

Mindset tentang daycare atau TPA dalam buku ini juga sangat jauh berbeda dengan apa yang ada di pikiran masyarakat. Daycare, Sahabat Ayah Bunda yang sesungguhnya di dunia nyata.

2 Komentar

  1. Makasih bu Rika ulasannya menyemangatiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, nulis lagi, Rul...aku nglamar jadi editor dan pendamping nek diperlukan...

      Hapus