Substansi dari Value Produk

Salah satu yang menjadi kegalauan dari orang-orang yang hendak berbisnis adalah, produk apa yang mau dijadikan bisnis. Sebagai produsen atau penjual, dibutuhkan atau tidak oleh customer. Semua ini memerlukan penelaahan yang panjang.
Berbicara bisnis, maka bisnis adalah berbicara tentang mencetak profit dan mendapatkan cash. Untuk itu, sangat penting seorang pebisnis memiliki pemahaman tentang finansial. Laporan keuangan adalah gambaran nyata yang terlihat ketika bisnis mencetak profit dan menghasilkan cash.  
Akan tetapi yang terjadi adalah, kita terdepan mnegejar cash, tetapi lupa dengan substansi bisnis itu sendiri.
Profit akan terjadi ketika ada transaksi, yang membeli produk kita dan mengharapkan manfaatnya dengan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang kita tawarkan kepada customer.Jadi, inilah substansi bisnis yang sebenarnya.   
Substansi bisnis adalah kegiatan yang terjadi untuk mentransaksikan nilai kepada pasar. Ketika orang berbelanja kepada kita, orang tersebut mengharapkan value dari produk yang dibelinya. Orang mengharapkan suatu nilai untuk sesuatu yang mereka bayarkan. Inilah yang disebut dengan value. Kita sedang menjual value, kita menjual apa yang diperlukan oleh pembeli. Pembeli mengharapkan suatu manfaat dan pemenuhan kebutuhan dari nilai yang kita jual.
Proses jual beli atau transaksi akan terjadi apabila ada Value, Channel, dan Customer yang tepat. Value atau nilai produk adalah sebab dari datangnya pembeli kepada kita dan mau melakukan transaksi untuk value tersebut.

Ada beberapa konsep terkait Value, yaitu diantaranya :

1.     Ada Need atau kebutuhan, atau ada sesuatu yang dibutuhkan
Kita mempunyai sesuatu yang dibutuhkan orang, maka orang akan mau membeli apa yang kita tawarkan. Jadi substansi bisnis ini Valuenya adalah kita menyediakan apa yang dibutuhkan pembeli, bukan apa yang kita ingin menjual.  Melihat apa yang dibutuhkan oleh market, terkadang memerlukan survey. Yang seperti apa yang dibutuhkan oleh market, itu yang akan kita jual sebagai pemenuhan dari kebutuhan customer.

2.     Solution, Penawar dari Problem
Kita sebagai penjual berusaha memberi solusi kepada customer. Cobalah melihat, banyak masalah manusia yang tidak ada solusinya. Carilah solusi dari masalah-masalah itu, dengan pendekatan bisnis. Dengan demikian, kita akan mendapatkan uang dengan menawarkan solusi suatu permasalahan. Saat ini, barang yang dijual di pasaran semakin beragam, produsen menawarkan berbagai macam solusi yang mungkin pada waktu dahulu tidak terpikirkan.

3.     Better, Lebih baik        
Pembeli akan memilih mana yang lebih baik. Mungkin dari beberapa solusi, akhirnya dipilih yang lebih baik, lebih balik kualitasnya, lebih baik harga, dan sebagainya. Pada substansi nilai bisnis ini, kita melihat perhatian dari pasar apa, jadi semua bisa laku, karena setiap market mempunyai kebutuhan dan selera yang berbeda.

4.     Unik , Unique
Ketika banyak penjual dengan barang yang sama, yang banyak orang membutuhkan. Barang tersebut juga sama-sama baik dan sama-sama bermanfaat. Maka, yang dibutuhkan adalah keunikan dari barang tersebut. Misalnya, baju muslim anak. Sama-sama nyaman dipakai dan harganya juga tidak jauh berbeda. Maka, yang ditawarkan penjual barangkali adalah model yang sedang ngetren menjadi pilihan utamanya.

Setelah melihat penjelasan tentang substansi nilai bisnis atau value, perlulah kita bertanya kepada diri kita sendiri :
  •          Sudahkan produk kita memberi manfaat kepada pembeli?

·                     Apakah produk kita itu pantas dibeli secara terus menerus?
    
·              Setelah pembeli membeli produk kita, apakah pembeli merasa puas, atau justru merasa kecewa  
          telah membeli produk kita?

·             Apakah kita bisa menjual jasa dengan nilai lebih dibanding dengan yang lain?

·        Adakah penjual lain bisa menjual produk yang lebih baik dari kita dan dengan harga yang lebih murah?

Perlunya menjaga keseimbangan antara keinginan meningkatkan omset dan keinginan menaikkan value dari produk kita. Jika itu bisa kita lakukan, yakinlah bahwa kita akan mampu memenangkan hati pembeli.

Sumber : Saputra, Rendy. 2017. Understanding Business. Billionaire Sinergi Korpora. Bandung-Jawa Barat

0 Komentar