Meniti Jejak Masa Kecil (9)

 

Meniti Jejak Masa Kecil (9)

~~Rika. Nur Hidayati~~

#Day9

#NarasiLiterasiNegeri

#IndonesiaMenulis

#TantanganMenulis45Hari

#Artsamawa

 

Masih bercerita soal Bapak. Selain hobby mengutak-atik mesin-mesin, Bapak juga suka membaca. Pekerjaan beliau sebagai Dosen di IKIP Yogya atau UNY sekarang menuntut Bapak banyak membaca dan membaca. Buku Bapak banyak, maklum , memang pekerjaan Bapak mengharuskan banyak membaca.

 

Bacaan Bapak selain buku-buku yang berkaitan dengan Hukum Tata Negara, PMP atau Pendidikan Moral Pancasila, Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Adat serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas Bapak sebagai pengajar.

 

Selain itu Bapak juga berlangganan koran Yogya yang melegenda yaitu Kedaulatan Rakyat atau KR. Koran diantar oleh seorang bapak-bapak yang selama puluhan tahun mengantar dengan sepedanya, bahkan sampai kami pindah rumah ke Kuncen.

 

Terakhir Bapak berlangganan KR sampai Bapak sakit dan mata beliau terkena juga, sehingga agak kabur kalau terlalu lama membaca. Aku suka juga membaca KR. Koran KR selama berpuluh tahun dari aku kecil sampai selesai kuliah, setia mendampingiku. KR menjadi sumber informasi yang akurat dan up to date pada zamannya dulu. Selain itu ada juga Minggu Pagi, yang lebih banyak berisi cerita dan hiburan. Favoritku dari isi koran KR waktu itu adalah tulisan Profesor Umar Kayam, seorang Budayawan dan dosen UGM waktu itu. Tapi aku lupa judulnya. Barangkali ada yang ingat?

 

Bapak juga tak lupa berlangganan bacaan untuk anak-anak, antara lain majalah Bobo dan sesekali membeli majalah Kawanku. Saat majalah Bobo datang kami berebut untuk membacanya. Membaca cerita Bobo dan keluarga, Bona, gajah berbelalai panjang dan Cerita dari Negeri Dongeng.

 

Bapak juga suka memelihara binatang. Di rumah Eyang, ada ayam, burung perkutut, dan kucing. Di rumah kami, Bapak memelihara burung betet. Burung betet dibeli di Pasar Ngasem, tidak jauh dari rumah kami di Rotowijayan. 

 

Pasar Ngasem adalah pasar yang letaknya berdampingan dengan tempat wisata Tamansari. Di Pasar Ngasem ada pasar hewannya juga selain pasar umum seperti yang lain. Kapan-kapan kita cerita tentang Pasar Ngasem ya. Seru lho, banyak hewan yang lucu-lucu, seperti kelinci dan burung yang cantik-cantik.

 

Setiap Bapak pulang dari kantor, si Betet pasti teriak-teriak berbunyi. Kadang-kadang turun ke bawah dan jalan mendatangi Bapak. Warna bulunya indah, yaitu merah, hijau, biru, dan kuning. Suaranya keras dan nyaring. Aku lupa Betet dikasih nama apa. Aku panggil Betet saja ya.

 

Kadang-kadang ada juga  kucing tetangga yang datang. Sebenarnya kucing itu sudah sering jalan-jalan di sekitar rumah kami. Meskipun, Bapak penyayang binatang dan pernah punya kucing peliharaan juga, tapi Bapak di rumah belum mau memelihara kucing. Mungkin karena kami masih kecil-kecil, jadi belum begitu ngeh untuk memelihara kucing.

 

Sore itu Bapak pulang, terdengar suara sepeda motor datang.

 

“Bapak pulaang, Bapak pulaang,”kata Agus dengan gembira. Alev yang berdiri di belakangnya juga kegirangan. Terdengar juga si Betet bersuara nyaring.

 

“Tet tet, tet tet,” Betet mulai mencari perhatian Bapak.

 

“Ibu sudah pulang?” Tanya bapak kepadaku sambil mengangkat Betet dengan tangannya.

 

“Sudah, Ibu sedang di dapur.” Aku menjawab sambil mengambil bungkusan oleh-oleh dari Bapak. Sambil berjalan ke dapur,  Bapak meletakkan Betet ditempatnya lagi dan memberinya makan.

 

Kami pun asyik makan oleh-oleh dari Bapak sambil mengobrol seru bersama. Ibu datang dan ikut serta mengobrol dan makan camilan oleh-oleh Bapak.

 

Tiba-tiba terdengar pekikan si Betet. Kami semua berlari ke arah suara tersebut.

 

“Bapak, Bapak! Ada kucing menggigit Betet pak!” teriak Alev sambil menangis.

 

Cepat-cepat Bapak berlari ke dapur dan mengejar kucing dengan cekatan. Adik-adikku mengikuti dari belakang, sementara aku yang penakut dan ngeri, hanya terdiam di tempat saja. 

 

Alhamdulillah, masih bisa ditangkapnya kucing dengan Betet tersebut dan si Betet hanya sedikit terluka. Tanpa kami ketahui, si Betet turun lagi dan mungkin hendak mencari Bapak. Kebetulan lewatlah kucing tetangga,  sehingga si Betet menjadi sasaran empuk si kucing.

 

Akhirnya, kami harus lebih berhati-hati menjaga Betet agar tidak diserang oleh kucing lagi. Bapak sesekali menurunkan Betet, agar bisa berjalan-jalan di bawah.

 

Akan tetapi, akhirnya kejadian juga. Beberapa kali Bapak memelihara burung betet, ada juga yang mati karena dimakan oleh kucing. Sedihnya hati kami, padahal burung itu sudah dekat dan lucu sekali. 

 

Ada pelajaran penting dari hobby Bapak itu, kami diajarin peka dan menyayangi binatang, seperti burung,ayam, kelinci, ikan, dan kucing. Walaupun kucing pernah membuat kami menangis, sampai sekarang kami semua menjadi penyayang kucing juga ternyata.

 

 (Bersambung)

 

 

 

23 Komentar

  1. Bapakku di rumah juga penyuka burung. Dulu pernah memelihara nuri, betet, perkutut, dan apalagi ya lupa, hahaha ... Sekarang tinggal perkutut saja. Senang sih, suasana pagi jadi riang karena ada suara burung. Meskipun kadang pengen ketawa. Sedang rekaman eh suara burungnya kedengeran, hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kalo saya Bapak sudah wafat th 2006. Kenangan dengan Bapak luar biasa, karena anak sulung dari 3 bersaudara, jadi apa-apa Bapak sama saya.

      Hapus
  2. Masya Allah kenangan masa kecil yang menyenangkan Mbak Rika.
    Sama Bapakku sejak ku kecil sampai kini (82 tahun usianya) langganan Jawa Pos (kalau di Jawa Timur ini korannya). Pokoknya tiap pagi dah nunggu tukang koran dan baca di teras nanti.
    Wah, itu kasihan si betet sampai mau kemakan kucing ya...
    Ditunggu lanjutan ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bapak berpuluh tahun langganan KR atau Kedaulatan Rakyat, beliau memang hobi membaca, apalagi dulu profesinya sebagai Dosen di UNY. Jadi kangen sama Bapak.

      Hapus
  3. Cerita masa kecil yang indah ya mba. Jadi pengen juga deh menuliskan cerita tentang anggota keluarga seperti ini. Seru juga kalo dibaca, membangkitkan memori lama yang terkubur untuk kembali dikenang dengan senyuman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kenangan indah masa kecil. Ini sudah sekitar 40 tahun lalu, karena saya sudah 50 up.

      Hapus
  4. Masa kecil yang hangat, Mbak Rika.

    Baca postingnya jadi kangen sama Bapak, yang juga sama suka baca, pelihara binatang dan berkebun. Nurun sama anak-anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, setelah menua dan merasakan menjadi orang tua, jadi mengerti perjuangan orang tua untuk membesarkan anak+anaknya sungguh luar biasa.

      Hapus
  5. ayah saya gak suka pelihara burung, tetapi tetangga suka banget pelihara burung. setiap pagi pasti denger suaranya hihi. jadi berasa ada di mana gitu bukan di kota. seru juga ternyata hihi. paling peliharaan bapak ikan patin aja dulu tuh, sampai gede2 banget dirawat dari kecil. ujung2nya digoreng wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Bapak mewarisi kepada anak-anaknya rasa sayang sama binatang. Jadi dulu sampai adik-adik saya pelihara merpati sampai puluhan. Ketika sudah menua begini, ada yg suka pelihara perkutut, kalo saya suka kucing, dan suami pelihara kura-kura juga dari kecil sampai besar sekarang.

      Hapus
  6. Masa kecil yang tak terlupakan ya, Mbak. Hampir sama dengan saya nih. Dulu sering dibelikan majalah Bobo. Semu tokoh di dalam Bobo itu ikonik dan tak terlupakan: Juwita & Si Sirik, Nirmala & Oki, Bona & RongRong, dan pastinya keluarga Bobo.

    Kenangan bersama Bapak pastinya indah dan bakalan panjang kalau dituliskan, yaa. Lanjutkan, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, saya balasnya kok nggak disini. Sama ya kita mbak, penggemar Bobo dulu yaaa..
      Kenangan dengan BApak luarbiasa mbak, BApak a[a-apa sama saya. Di masa-masa terakhirnya saya berjauhan, karena saya di Riau, sementara BApak di Jogja

      Hapus
  7. Iya mbak. Tak terlupakan. Saya dekat dengan Bapak Rahimahullah, dan Ibu juga. Walaupun saya jauh dirantau. Tulisan tentang Bapak atau Ibu akan sangat panjang ya mbak.

    BalasHapus
  8. Bapak yuni nggak suka burung sih. Beliau lebih suka nonton video. Tapi bukan drama korea kayak yang yuni lihat

    Tontonannya lebih berat. Nggak sanggup yuni. Hehehe

    Tapi bapak juga suka baca sih. Baca kitab kuning. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak, BApak suka nonton video? MAsih muda ya mbak. KAlau BApak saya sudah wafat tahun 2006. Sempat sakit selama 9 tahun, tapi wafatnya ya sehatnya orang tua gitu.

      Hapus
  9. Masa kecil yang menyenangkan, Mbak Rika. Jadi ingat Mbah kakung saya dulu yang di Jogja juga sukanya berlangganan koran KR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sangat menyenangkan mbak Ayu. Simbah kakung di Jogja? Berarti orang Jogja mbak?
      saya juga Jogja, tapi sudah lama di Pekanbaru

      Hapus
  10. Selama ini papah juga yang mengajarkan literasi untuk seorang ms Juli selalu terkenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak selalu menjadi yang terbaik ya Mis Juli. Kangen banget jadinya.

      Hapus
  11. Jadi bikin kangen bapak yang jauh di kampung halaman. Padahal hanya Jogja boyolali, tapi karena covid jadi bisa berkunjung cuman sebulan sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Bapak masih sehat ya mbak Novi, yang penting sering menyapa dan menelpon beliau. Itu kebahagiaannya.

      Hapus
  12. saya tidak merasakan indahnya hidup, tumbuh dan besar bersama bapak karena saya dibesarkan oleh mami sebagai single parent

    BalasHapus
  13. Ma syaa Allah, in syaa Allah itu yang terbaik dari Allah ya mbak Heni.

    BalasHapus